Minggu, 25 Desember 2011

Pidato Bahasa Indonesia


Hari Kartini

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh …

Yang terhormat Kepala SMP Negeri 2 Jombang …
Yang terhormat Bapak Ibu guru beserta seluruh staf karyawan SMP Negeri 2 Jombang …
Dan tidak lupa teman-teman yang saya sayangi …

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan hidayah-Nya kita masih dapat
berkumpul dipagi yang cerah ini dengan keadaan sehat walafiat. Semoga kita senantiasa dalam perlindungan-Nya. Amin … Shalawat serta salam mari kita haturkan kejunjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari jalan yang gelap menuju jalan yang terang, yakni Agama Islam.
Nama Kartini, sudah tidak asing lagi bagi kita. Seorang wanita yang memiliki cita-cita luhur untuk mengangkat derajad wanita Indonesia. Sebuah emansipasi sebagai seorang wanita yang tentu tidak bisa meninggalkan kodratnya sebagai perempuan, maka sekarang kian tampak bahwa dalam mendudukkan dirinya sebagai sesama pejuang bangsa, telah dapat menenmpatkan diri wanita Indonesia sebagai pejuang yang tidak ingin dikatakan nomor dua terhadap para kaum laki-laki.
Itulah sikap tegas kaum wanita yang secara langsung mencerminkan keluhuran cita-cita Kartini. Sikap itu juga memperlihatkan betapa hak azasi manusia Indonesia ini sangat diperhatikan. Terlebih hak wanita dalam menempatkan diri ikut serta dalam membangun nusa dan bangsa. Tidaklah berlebihan kiranya jika wanita sekarang ini sudah mampu berbicara sejajar dengan kaum laki-laki. Ini menunjukkan bahwa bangsa kita khususnya kaum wanita benar-benar telah menyadari betapa pentingnya peranan mereka dalam menegakkan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Hari Kartini senantiasa kita peringati setiap tahun. Namun hendaknya janganlah pada saat-saat peringatan seperti ini saja kita menampilkan hasil karya dan cipta kaum wanita. Namun lebih daripada itu. Mudah-mudahan disetiap hari, dan disetiap masa, wanita Indonesia tetap dapat bercitra dan berkarya sebagai kaum yang harum namanya.
Cukuplah sekian dulu yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada salah kata dan perbuatan. Billahi taufiq wal hidayah, warridlo wal inayah.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar