Seni rupa indonesia adalah :
- Tidak membeda-bedakan disiplin ilmu
- Menghilangkan sikap spesialis
- Mendambakan kretivitas
- Menerapkan perkembangan yang berpredikat Indonesia
- Membebaskan diri dari keterikatan bentuk, sehingga condong bersifat eksperimental dan main-main.
Karya seni rupa daerah
di Nusantara merupakan perwujudan dari pola hidup, kepercayaan, atau
nilai-nilai yang ada di daerah setempat. Kesenian berasal dari kata seni yang
berarti rasa indah bila dinikmati orang dengan mempergunakan indra mata
dan telinga,
dapat juga berarti rasa nikmat bila orang menggunakan indra pengecap. Untuk
seni rupa, hanya dibatasi pada seni patung, seni hias, dan seni bangunan saja.
Seni sastra, seni pertunjukan, seni tata boga tidak dibicarakan, karena sudah
di luar bidangnya.
Melihat latar
belakang pembentukan seni itu perkembangan praktik
seni di Indonesia dibayangi dua ideologi seni. Ideologi
seni Barat dan ideologi seni Indonesia. Ada ikatan di antara kedua ideologi
seni itu. Kedua ideologi itu bertumpu pada dasar yang sama.
Keduanya bersentuhan pula dengan pemikiran seni pada estetika,
filsafat
tentang keindahan. Ideologi seni Indonesia tidak mengubah persepsi
terhadap estetika tentang hubungan pengalaman merasakan keindahan dengan
ungkapan seni. Ini membuat ideologi seni Indonesia dekat dengan estetika, dan
pembahasan seni yang diturunkan mempersoalkan kepekaan
inilah seni yang menjadi sumber keahlian dalam memunculkan manifestasi
seni. Karena itu dalam perkembangan praktik-praktik seni dari dulu sampai
sekarang ideologi seni indonesia menjadi dasar semua bentuk praktik seni seni
tari, seni sastra, seni musik.
Seni Rupa Awal Kemerdekaan
Kemerdekaan yang diperoleh bangsa
Indonesia juga terasa sebagai suatu kebebasan dalam mengeluarkan pendapat,
berorganisasi, beraliran. Seniman yang ikut pindah ke Yogyakarta
menjadikan perjuangan mempertahankan kemerdekaan sebagai tema lukisnya.
Presiden Soekarno yang menaruh minat besar terhadap seni meminta kepada Agus
Djaja menghimpun pelukis untuk nantinya dapat mewujudkan museum seni lukis
(1946). Seniman Bandung pun pindah ke Yogyakarta dan berhimpun dalam sanggar Seniman
Masyarakat di bawah pimpinan Affandi (1946) yang merupakan organisasi
seniman pertama setelah merdeka dan memiliki potensi tinggi sebagai
seniman-pejuang.
Seni Bangunan Candi
Komplek Candi
Komplek berarti kelompok yang terdiri
dari beberapa unsur. Komplek candi berarti suatu kelompok candi atau sebuah
candi dengan unsur lain yang merupakan satu kesatuan. Berdasarkan
pengelompokannya, candi di Indonesia dapat dibedakan atas beberapa buah.
- Candi Tunggal
Candi tunggal merupakan suatu candi
tunggal yang dengan lingkungannya merupakan satu kesatuan.
- Kelompok Terkonsentrasi
Kelompok terkonsentarasi merupakan
komplek percandian yang terdiri dari sejumlah besar candi dengan candi induk
sebagai pusatnya.
- Kelompok Tersebar
Kelompok tersebar merupakan komplek
percandian juga, namun letaknya tersebar, tetapi dari kondisi
masing-masingcandi diketahui bahwa masing-masing merupakan satu kesatuan juga.[3]
- Kelompok Terpadu
Kelompok terpadu merupakan komplek
percandian terdiri dari tiga halaman dengan candi induknya terdapat di bagian
belakang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar